SELAMAT DATANG DI DUDDYS AREA, SILAHKAN VOTE DAN COMMENT. SEMOGA BERMANFAAT!!

Senin, 08 November 2010

Sejarah Merk Mercedes Benz

imagesSejarah Mercedes Benz, dimulai dari seorang bernama Emil Jellinek. Beliau adalah pengusaha kelahiran Leipzig (Jerman) yang kemudian bermukim di Nice (Perancis) dan menjadi distributor mobil produk DMG.

DMG adalah singkatan dari Daimler Motoren Gesellschaft, perusahaan otomotif yang didirikan oleh Gottlieb Daimler.

Pada suatu saat, Emil Jellinek memohon kepada Wilhelm Maybach, kepala desainer Daimler Motoren Gesellschaft (DMG), agar membuat mobil yang cepat, ringan, dan aman.

sejarah-mobil-mercy-retro-emil-jellinekWilhelm Maybach adalah orang yang mendisain mobil truk pertama di dunia, dan langsung diproduksi pada awal tahun 1896. Per tanggal 1 Oktober 1896, mobil hasil rancangannya ini di ekspor untuk pertama kalinya ke London.Nama Maybach inilah yang nantinya diabadikan dalam bentuk mobil canggih Mercedes Benz Luxury saloon.

Pada tanggal 02 April 1900, tepat 26 hari setelah wafatnya Gottlieb Daimler, Wilhelm Maybach menepati janjinya, dan mulai membuat mobil atas permintaan Emil Jellinek, disaat ini bisa dikatakan tonggak sejarah “Mercedes Benz” dimulai.sejarah-mobil-mercy-retro-mercedesNama “Mercedes” sendiri diambil dari nama anak perempuan Emil Jellinek, yang saat itu berusia 10 tahun. Penggunaan nama “Mercedes” oleh Emil Jellinek selain merupakan personafikasi kasih sayang orangtua kepada putrinya, juga menunjukkan naluri bisnis Emil Jellinek yang sangat tinggi.

Beliau menilai pentingnya membangun image komersial, dengan memilih nama merek dagang. “Mercedes” dalam bahasa Spanyol atau “Merci” dalam bahasa Perancis yang mempunyai arti positip yaitu penuh rasa terima kasih“, atau dalam bahasa Latin yang berarti “anugerah yang menyenangkan“.

sejarah-mobil-mercy-retro-1886Mobil pertama DMG dengan nama Mercedes diluncurkan pada 22 Desember 1900, dan nama tersebut langsung dipatenkan sebagai merek dagang pada tahun 1902

Tidak tanggung-tanggung, Emil Jellinek memesan 36 unit seharga 550.000 mark emas (kalau dibandingkan dengan sekarang sama dengan 36 Mercedes Benz S 500, atau lebih dari 100 Mercedes Benz C 200 Kompressor).

Seperti hal perusahaan-perusahaan besar kelas dunia, merger seperti sesuatu yang sukar dielakkan untuk mengembangkan perusahaan.

Dan bentuk merger inilah yang tampaknya sejak awal lebih disukai DMG daripada menjalin aliansi strategis dengan industri otomotif yang lain atau mengadakan akuisisi

sejarah-mobil-mercy-retro-gottlieb-daimler-dan-karl-benzPada tahun 1926, Daimler Motoren Gesellschaft dan Benz & Cie (didirikan oleh Karl Benz) melakukan merger, dan namanya berunah menjadi “Mercedes Benz “.Karl Benz adalah pembuat mobil penumpang yang dipatenkan dengan nama “Benz Patent Motorwagen Omnibus“. Pada tanggal 18 Maret 1895, mobil ini secara reguler mengangkut penumpang dengan trayek Siegen – Deuz – Netphen sejauh 15 kilometer.

sejarah-mobil-mercy-retro-mercedes-benz-pertamaDari kesepakatan merger tersebut berdirilah Daimler Benz Aktiengesellschaft (Daimler-Benz AG). Produk pertamanya adalah truk diesel enam silinder yang pertama di dunia yang dinamakan Mercedes Benz L-5.

Tahun 1998, kembali Mercedes Benz melakukan merger dengan Chrysler Corporation, raksasa industri otomotif di Amerika Serikat berlambang bintang dengan bingkai bersudut lima. Merger ini membentuk perusahaan baru yang diregistrasi di Jerman dengan nama DaimlerChrysler, berpusat di Stuttgart dan Auburn Hills – Michigan (dekat Detroit, Amerika Serikat). Nama Chrysler juga mengambil nama sang penemu dari Amerika Serikat, Walter P Chrysler.

Di Asia, DaimlerChrysler merger dengan Mitsubishi Motors (Jepang) dan Hyundai Motor (Korea Selatan). Di Afrika, DaimlerChrysler akan berkonsentrasi dari Afrika Selatan.

Sampai saat ini Mercedes Benz telah berusia satu abad. Dan merupakan salah satu dari lima pabrik mobil terkemuka di dunia.

Dua perang besar-Perang Dunia I (1914-1918) dan Perang Dunia II (1939-1945)-yang meluluhlantakkan Jerman pun tidak berakibat meredupnya industri otomotif berlambang bintang bersudut tiga.

Termasuk pecahnya Negara menjadi dua, Jerman Barat dan Jerman Timur, tidak menggoyahkan industri otomotif yang berpusat di Stuttgart (Jerman Selatan) ini untuk tetap eksis.

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor